Bisakah Cloud Dipercaya Dengan Data Bisnis Anda?

Ada begitu banyak manfaat untuk menyimpan data Anda di CBTP, tetapi banyak bisnis yang menentang penggunaan cloud karena masalah keamanan. Faktanya, 63% bisnis skala kecil dan menengah percaya bahwa cloud harus berbuat lebih banyak untuk melindungi data bisnis. Jadi, dapatkah Anda memercayai cloud server untuk menyimpan data bisnis Anda?

Keuntungan menyimpan data di cloud
Alternatif untuk menyimpan data di cloud adalah menyimpan semua informasi bisnis Anda di server internal. Namun, membangun pusat data Anda sendiri memiliki sejumlah kelemahan seperti: mahal, boros energi, dan sangat tidak efisien waktu. Mengelola server dapat menghabiskan banyak waktu untuk departemen TI Anda.

Saat Anda menggunakan cloud, pada dasarnya Anda mengalihdayakan pusat data internal Anda ke spesialis yang dapat melakukan semua pemeliharaan untuk Anda. Ini juga berarti Anda tidak akan memiliki biaya apa pun yang terkait dengan menjalankan server yang menghabiskan energi sepanjang waktu serta menghemat ruang fisik di tempat Anda.

Lebih baik lagi, penyimpanan cloud jauh lebih fleksibel dan skalabel. Jika Anda membutuhkan lebih banyak ruang di pusat data Anda, Anda harus menambahkan server yang mahal, berpotensi dengan kapasitas yang jauh lebih besar daripada yang sebenarnya Anda butuhkan. Dengan penyimpanan cloud, Anda hanya membayar untuk apa yang Anda gunakan. Ini berarti Anda akan mengurangi biaya dan mempermudah menjalankan perusahaan Anda.

Risiko penyimpanan cloud
Meskipun Anda mungkin sangat menyadari semua manfaat penyimpanan cloud, Anda mungkin belum yakin dengan langkah-langkah keamanan yang ada. Beberapa bisnis menentang gagasan menggunakan penyimpanan cloud karena mereka tidak memahami langkah-langkah keamanan yang ada, atau mereka tidak yakin apakah data mereka akan tetap aman.

Dalam beberapa hal, ini dibenarkan. Tentu saja, wajar saja jika fitur keamanan apa pun yang diterapkan, keamanan siber tidak akan pernah dapat dijamin 100%. Penjahat dunia maya menjadi semakin canggih. Baik melalui phishing, serangan DDoS, atau berbagai cara lainnya, peretas dapat membahayakan bisnis.

Tetapi masalah serius lainnya untuk bisnis adalah konsep privasi data. Pada akhirnya, data Anda yang disimpan di cloud berada di tangan organisasi lain, dan pemerintah berada dalam posisi untuk menekan organisasi ini dan meminta informasi. Sementara banyak penyedia cloud mempertaruhkan reputasi mereka pada privasi mereka, perusahaan tetap akan menyerahkan beberapa data ke lembaga pemerintah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *